Kamis, 06 September 2007

tujuan hidup ku ??


sudah baca buku ini ?? buku Dengarkan Suara Hati karya Amru Khalid ini (menuyut qoe) adalah sebuah buku pencerahan jiwa (ciee..). didalamnya berisi tulisan-tulisan renungan yang sangat mendasar disertai dengan contoh dan sedikit kisah nabi. sangat mengena dalam kehidupan sehari-hari.

membaca buku ini membuat aqoe berfikir tentang hidup qoe. apalagi ketika aqoe sampai pada Bab dengan judul Tujuan. Bab ini diawali dengan pertanyaan "Apa Target dan Tujuan Hidup Anda?" pertanyaan yang sangat mudah, tapi pernahkah terfikir apa sesungguhnya tujuan hidup kita ? bekerja lalu mendapat uang, menikah dan menikmati hidup. "kecil dimanja, muda kaya raya, tua bahagia, mati masuk surga" itu kalimat yang sering kita dengar. semudah itukah ?? tapi aqoe tetap terfikir apa sesungguhnya yang sudah aqoe perbuat untuk hidupqoe. aqoe kerja, betul. aqoe mendapat uang, betul. aqoe menikah, betul (eits belum ding), aqoe menikmati hidup, ya.. dengan segala kesedihan dan kegembiraan (dan aqoe juga bersyukur atas hidup qoe). benarkah jawaban ini ? dan aqoe terus membaca bab ini.

disitu disebutkan, seorang sastrawan bernama Eliya Abi Madhi mengungkapkan "aku telah sampai, tapi aku tidak tau dari mana aku datang? aku lihat di depanku sebuah jalan, lalu aku melaluinya. aku akan tetap berjalan meski aku tidak menginginkannya. bagaimana aku sampai?! aku tidak tahu !!.." menurutku ungkapan itu ada benarnya juga, kita melihat jalan didepan kita dan kita akan melaluinya karena kita tidak tau apakah yang akan terjadi bila kita melalui atau tidak melalui jalan itu. tapi menurut Amru Khalid itu adalah falsafah hidup yang tanpa tujuan. dan aqoe terus membaca.

lalu sampailah aqoe pada firman Allah, "Dan Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan supaya mereka menyembah-KU" (al-Dzariat [51]: 56). deg, firman ini sudah sangat sering aqoe dengar dan aqoe baca, tapi kenapa baru setelah membaca buku ini firman itu membuat aqoe berfikir dan mengingat, apakah aqoe telah melakukan seperti yang telah disebutkan dalam firman itu? jawabannya "ya" tapi apakah hanya dengan sholat (yang kebanyakan bolongnya) itu cukup? aqoe bersyukur atas hidup qoe tapi apakah itu cukup? apakah Allah telah ridha terhadap hidupku? aqoe menginginkan ridha-Nya sehingga bila shalat aqoe berdo'a kiranya Allah meridhai hidup dan matiqoe, dunia dan akhiratqoe.
ternyata itulah tujuan hidupqoe yang sebenarnya, Ridha Allah Azza Wa Jalla.

kembali pertanyaan berlanjut, dengan apa aqoe akan mendapat Ridha Allah swt, sedang aku masih selalu tergiur dengan kehidupan duniawi, masih melakukan maksiat, masih sering mendengar hasutan setan hingga kadang kala melupakan-Nya. ya Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, sesungguhnya aqoe hambaMu yang berdosa, ampunilah aqoe. Astaghfirullah hal aziim..
Astaghfirullah hal aziim..


2 komentar:

Azka Madihah mengatakan...

"ternyata itulah tujuan hidupqoe yang sebenarnya, Ridha Allah Azza Wa Jalla"

alhamdulillah, kalau ternyata itulah tujuan hidup kita semua..

semoga kita mampu menggapainya.. amin..

salam.. ^^

LangitBiroe mengatakan...

@ azkaa
makasih, salam juga.. :)